20 Urutan Gunung Tertinggi di Indonesia dan Letaknya Lengkap

Gunung tertinggi di indonesia ~ Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas, setidaknya ada 6 pulau besar yang ada di indonesia yaitu Jawa, Sumatra, Klimantan, Sulawesi, NTT NTB dan Bali. Dari semua pulau itu masing masing memiliki sederetan gunung tertinggi yang masih aktif dan tidak aktif.


Gunung Tertinggi di Indonesia


gunung tertinggi di indonesia
gunung hijau dengan kabut www.abercrombiekent.co.uk

Jika kita berbicara mengenai gunung, tidak lengkap rasanya jika tidak kita bahas secara detail mengenai gunung tersebut, maka dari itu saya disini bertujuan untuk membuat daftar gunung yang ada di indonesia lengkap beserta informasi letaknya, harapannya si nantinya web ini menjadi refrensi orang-orang untuk mendaki gunung.

Gunung Tertinggi di Papua


gunung tertinggi di papua puncak jaya
gunung tertinggi di papua puncak jaya pinteret.com

Papua merupakan bagian dari pulau indonesia yang letaknya berada di ujung sebelah timur indonesia, jika berbicara tentang papua sudah tidak asing lagi di telinga kita akan keindahan dan kekayaan alamnya yang melimpah, bahkan saya pernah mendengar ada orang yang berkata bgini.
“Tuhan menciptakan Papua ketika sedang tersenyum”
Kata-kata tersebut yang digunakan untuk menggambarkan keindahan alam negeri papua yang tak banyak orang tahu, maka dari itu saya akan mengajak anda untuk menjelajahi kedalaman hutan papua untuk membahas satu persatu gunung tertinggi yang ada di negri papua tersebut.

Gunung Puncak Carstenz Pyramid(4,884 m.dpl)


puncak jaya papua
puncak jaya papua KSMTour.com

Puncak jaya wijaya atau Carstenz Pyramid merupakan gunung tertinggi yang berada di indonesia, saking tingginya sampai-sampai terbentuk salju di puncak tertingginya yang sering dikenal sebagai salju abadi di khatulistiwa.
Puncak jaya memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 4,884 m.dpl yang berati gunung ini tingginya 4.884 meter diatas permukaan laut, kebayang kan seperti apa tingginya.
Namun kabarnya es yang berada pada puncak jaya wijaya ini kini mulai mengalami pencairan yang berarti ketinggian gunung pun semakin menurun akibat puncak es yang cair akibat pemanasan global ini.
Keindahan puncak jaya sendiri tidak hanya terkenal di indonesia saja, bahkan sampai dunia internasional pun mengakui keindahan gunung ini, puncak jaya juga dikenal sebagai Seven Summit (puncak benua) yang sangat terkenal.
Karena sangat terkenalnya sampai menjadi incaran banyak sekali pendaki profesional dari berbagai negara.
Gunung ini ditemukan oleh jan Carstenz ketika itu ia melihat adanya gunung bersalju di puncaknya, padahal ini daerah tropis, ia melihat melalui kapal laut dan akhirnya gung pun diberi nama Cartenz atau puncak jaya wijaya.

Gunung Puncak Trikora(4,730 m.dpl)


Puncak Trikora
Puncak Trikora anekawisatabahari.com

Puncak trikora ini merupakan gunung tertinggi di indonesia yang ke 2, terletak dikawasan yang merupakan zona inti Taman Nasional Lorentz yang dikenal sebagai satu dari tiga daerah didunia yang memiliki glester di wilayah tropis.
Gunung Puncak Idenberg (4,643 m.dpl)
Gunung Mandala (4,640 m.dpl)
Gunung Yamin (4,595 m.dpl)
Gunung Derabaro (4,150 m.dpl)

Gunung Tertinggi di Jawa

Pulau jawa memiliki banyak sekali gunung baik yang berapi dan masih aktif atau yang berapi namun sudah tidak aktif, bahkan saya pernah melihat salah satu foto yang diambil oleh astronot luar yang menampilkan foto deretan gunung yang ada dipulau jawa.
Sangat menakjubkan memang, pulau jawa dikelilingi banyak gunung berapi, namun itu semua semakin menambah keindahan alam jawa, berikut dibawah ini adalah daftar gunung tertinggi di indonesia yang berada di pulau jawa.

Gunung Semeru (3.676m)


Gunung semeru memang sangat menarik untuk para pendaki baik yang profesional atau yang masih baru, banyak dari mereka yang ingin mencoba mendaki gunung yang katanya tertinggi dipulau jawa ini.
Sebagai puncak tertinggi dipulau jawa, gunung semeru tiap tahunnya selalu saja ramai dikunjungi oleh pendaki. Namun yang disayangkan dari para pendaki ini adalah banyak yang nekat mendaki sampai kepuncak gunung tanpa memperhatikan keselamatan mereka sendiri.
Tetu anda sering mendengar di TV atau media lain mengenai berita hilangnya pendaki di gunung semeru atau bahkan sampai ada yang meninggal.
Namun gunung semeru tetap saja menarik untuk dikunjungi, tentunya dengan mempersiapkan diri mulai dari kesehatan fisik dan mental sebelum mendaki, apakah ada tertarik mendaki gunung semeru ?
“gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dan gunung berapi ketiga tertinggi di Indonesia”
Gunung Slamet (3.428 mdpl)
Gunung Sumbing (3.371 mdpl)
Gunung Raung (3.344 mdpl)
Gunung Lawu (3.265 mdpl)
Gunung Merbabu (3.145 mdpl)
Gunung Pangrango (3.019 m) di puncak,Gunung tertinggi ke 2 di Jawa barat

Gunung Tertinggi di Sumatra

Sumatra merupakan pulau terpanjang di indonesia, terbentang dari lampung sampai aceh sumatra menyimpan keindahan alamnya yang luarbiasa, selain hutan yang masih lebat sumatra juga terkenal dengan beberapa gunung yang berada di beberapa daerah di pulau sumatra tersebut.
Berikut dibawah ini beberapa gunung tertinggi yang berada di pulau sumatra

Gunung Kerinci (3.805 m)

Jambi
gunung tertinggi di Sumatra, kedua di Indonesia dan gunung berapi tertinggi di Indonesia
Gunung kerinci terletak di pulau sumatra dan merupakan salah satu gunung tertinggi di indonesia, bagaimana tidak, dengan ketinggian yang mencapai 3805 mdpl gunung kerinci merupakan puncak gunung tertinggi di sumatra.
Gunung kerinci tepatnya berada di kayu aro, kabupaten kerinci provinsi jambi, gunung ini juga masuk kedalam daftar seven summit indonesia atau disebut juga 7 gunung tertinggi di indonesia.

Jalur pendakian gunung kerinci

Jalur pendakian melalui jalur kersik tuo bisa menjadi pilihan anda untuk mendaki, jalur pendakian ini berada di wilayah kayu aro kab kerinci, pendaki juga banyak yang menggunakan jalur kersik tuo untuk mencapai puncak gunung kerinci.

Fasilitas Gunung Kerinci

Gunung kerinci juga sangat diminati lantara fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan menarik untuk dicoba, jadi anda tidak perlu khawatir segala fasilitas yang ada dibawah ini dapat mempermudah perjalanan pendakian anda nantinya.
Penginapan
Penginapan di kersik tuo ini memiliki harga yang cukup murah, yaitu 35.000 untuk setiap orang permalamnya, setelah sampai di daerah kersik tuo anda bisa segera mencari penginapan disana.
Atau jika tidak ingin penuh ada baiknya jika anda pesan dulu sebelumnya, karena jika penginapan penuh anda bisa saja jadi kecew 
Rental Mobil
Jika anda ingin mempersingkat waktu mendaki gunung kerinci anda bisa menggunakan jasa rental mobil cateran yang ada disana atau di tempat penginapan.
Anda cukup membayar 10.000 untuk dapat sampai ke pintu rimba, sebelum itu anda masih harus mengurus surat perizinan pendakian di R10, perjalanan ini kurang lebih memakan waktu 20 menit.
Gunung Leuser (3172 m) NAD
Gunung Dempo (3159 m) Sumatra Selatan
Gunung Talamau (2,912 m) Sumatra Barat

Gunung Tertinggi di NTB

NTB atau Nusa tenggara barat merupakan pulau yang terletak di bagian timur indonesia, pulau yang letaknya tidak begitu jauh dengan bali ini memiliki keindahan alam yang tak biasa, mulai dari pantai, gunung, sungai dan hutannya menimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan.
Salah satunya adalah gunung yang merupakan salah satu wisata alam fovorite di NTB, berikut ini beberapa gunung yang ada di NTB ya g wajib kamu kunjungi.

Gunung Rinjani (3.726 m)

di Lombok,
gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia
Gunung rinjani merupakan gunung dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl, gunung rinjani terletak di lombok NTB Nusa tenggara barat.
Banyak sekali pendaki yang ingin mencoba gunung yang satu ini, bahkan konon keindahan gunung ini sangat terkenal hingga mancanegara, tak heran jika sering kita temui turis asing ikut mendaki gunung yang satu ini.
Selain menyuguhi pemnadangan yang sangat indah, gunung rinjani juga merupakan gunung dengan medan pendakian yang tidak sulit atau mudah, jika anda sudah menemukan jalur yang pas anda akan sangat mudah untuk mendaki.
Sebaiknya ajak teman yang sudah berpengalaman jika ingin maksimal dalam menikmati keindahan gunung rinjani, berikut dibawah ini adalah beberapa jalur pendakian yang dapat anda pilih.
Jalur pendakian Sembalun
Jalur pendakian Senaru
Jalur pendakian Timba Nuh
Jalur pendakian Torean
Dari beberapa jalur pendakian di atas biasanya yang menjadi favorite adalah jalur pendakian Sembaluh yang merupakan jalur pendakian yang cukup mudah dibanding jalur lainnya.

Gunung Sanggar (3.564 mdpl)

Gunung sanggar terletak di Nusa tenggara barat NTB, terletak di kawasan yang sama dengan gunung rinjani yang merupakan puncak tertinggi di nusa tenggara barat gunung sanggar seakan tenggelam ditelan ketenaran gunung rinjani.
Gunung yang memiliki ketinggian 3.492 mdpl ini masuk kedalam daftar gunung tertinggi di indonesia, selain itu keindahan gunung sanggar pun layak untuk di apresiasi, apalagi jika anda seorang pendaki gunung yang suka berfoto diatas awan putih nan indah. 
Jika anda mengunjungi nusa tenggara barat ada baiknya anda mencoba mendaki gunung yang satu ini, masa taunya hanya gunung rinjani saja, sekali-kali coba hal yang berbeda untuk mendaki gunung sanggar ini.

Gunung Tertinggi di Bali

Bali merupakan pulai yang kaya akan keindahan alamnya, serasa tak habis pesona alam bali di eksploitasi oleh wisatawan 
Bali sendiri merupakan kota yang tidak begitu besar, namun banyak wisatawan luar negri yang mengganggap bali adalah sebuah negara, malah kebanyakan lebih mengenal bali ketimbang indonesia.
Bali memiliki banyak sekali pemandangan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah gunung yang memiliki pesona alam yang cukup menggoda untuk dikunjungi, yaitu gunung agung, penasaran seperti apa ?
Gunung Agung (3.142 m)
Gunung agung merupakan gunung tertinggi di bali dengan ketinggian mencapai 3.142 mdpl, cukup dikatakan tinggi bagi para pendaki pemula seperti saya, he,he,,
Gunung agung ini mempunyai 2 puncak yaitu agung satu dan agung dua, secara data memang gunung agung tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan gunung lain di indonesia namun anda jangan menganggap remeh, karena gunung agung memiliki banyak track yang bisa menguras tenaga anda.
Setidaknya ada 2 jalur pendakian untuk sampai kepuncak agung, yaitu jalur Pura Besakih yang merupakan pura tertinggi di bali dan Pura Pasar Agung.
Untuk mendaki gunung agung anda wajib dipandu oleh seorang pemandu, hal ini mengingat akan keadaan alam yang masih sangat lebat hutannya dan terdapat banyak sekali jalan yang dapat membingungkan para pendaki.
Untuk anda yang ingin mendaki gunung agung sebaiknya membawa persediaan air yang banyak, sebab di gunung agung tidak ada sumber air seperti halnya di gunung yang lain

Gunung Tertinggi di Sulawesi

Gunung Latimojong (3.478 mdpl)

Gunung tertinggi di Kalimantan

Gunung Raya (2.278 m) Kalimantan Tengah
Gunung Liangpran (2.240 m) Kalimantan Timur




https://okistudio.com/gunung-tertinggi-di-indonesia/

Comments

Popular posts from this blog

7 GUNUNG TERTINGGI DI EROPA

10 PALUNG LAUT TERDALAM DI DUNIA

10 Gunung Tertinggi Di Benua Afrika