10 Gunung Tertinggi Di Benua Afrika

frika merupakan benua terbesar ketiga di dunia setelah Asia dan Amerika serta penduduk terbanyak kedua setelah Asia. Luas wilayah Afrika kurang lebih 30.224.050 km² yang meliputi 20,3% dari total seluruh daratan Bumi.
Karena wilayah benua ini lumayan luas jadi tidak heran kalau benua ini mempunyai gunung gunung yang tinggi bahkan salah satu dari 10 gunung tertinggi di dunia ada di benua ini yaitu Gunung Kilimanjaro dengan tinggi 5.895 m.
Selain Gunung Kilimanjaro, ada beberapa gunung lain yang juga masuk sebagai Gunung Tertinggi Di Benua Afrika yang tersebar di berbagai negara di afrika. Penasaran, mari simak ulasannya berikut ini.
1. Gunung Kilimanjaro – 5.895 m
Gunung Tertinggi Di Benua Afrika
Gunung Kilimanjaro via kaskus.co.id
Kilimanjaro atau dulunya dikenal Kaiser Wilhelm Spitze adalah gunung di timur laut Tranzylvenia. Gunung ini merupakan gunung paling tinggi keempat di dunia yang berdiri bebas. Bila diukur dari kaki gunung tingginya mencapai 4.600 m.
Gunung Kilimanjaro merupakan Gunung Tertinggi Di Benua Afrika, dengan tinggi mencapai 5.895 meter di atas permukaan laut. Oleh masyarat lokal gunung ini juga disebut Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang artinya gunung putih.
Kilimanjaro adalah gunung api tidak aktif terbesar, namun memiliki fumarol ( lubang di dalam kerak bumi) yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo. Di Tanzania, puncak Kibo dikenal sebagai Puncak Uhuru.
2. Gunung Kenya – 5.195 m
Gunung Tertinggi Di Benua Afrika
Gunung Kenya via wikimapia.org
Gunung Kenya merupakan Gunung paling tinggi di Kenya dan gunung tertinggi kedua di benua Afrika (sesudah Gunung Kilimanjaro). Puncak tertinggi dari gunung kenya yaitu puncak Batian (5.199 m).
Letak gunung kenya ada di kenya tengah, tepatnya di selatan khatulistiwa, sekitar 100 mil timur laut ibu kota Kenya, Nairobi dan gunung ini merupakan gunung berapi tidak aktif. Lerengnya terdiri dari beberapa bioma (geografis atau iklim yang sama).
Daerah sekitar gunung ini dilindungi oleh Taman Nasional Gunung Kenya dan Gunung ini ada Global Atmosphere Watch, sebuah stasiun pemantauan atmosfer.
3. Gunung Stanley – 5.119 m
Gunung Tertinggi Di Benua Afrika
Gunung Stanley via wikipedia.org
Gunung Stanley merupakan gunung yang ada di daerah Pegunungan Rwenzori. Dengan tinggi mencapai 5.109 m, merupakan gunung tertinggi di negara Kongo dan Uganda, dan merupakan Gunung Tertinggi ketiga Di Benua Afrika setelah Gunung Kilimanjaro dan Gunung Kenya.
Puncak Margherita adalah puncak tertinggi Gunung Stanley dengan tinggi 5,109 m dan Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Pegunungan Rwenzori, sebuah situs warisan dunia UNESCO .
4. Gunung Ras Dashen 4.620 m
Gunung Tertinggi Di Benua Afrika
Gunung Ras Dashen via wikipedia.org
Ras Dashen atau dalam bahasa lokal Ras Dejen merupakan Gunung Tertinggi di negara Ethiopia yang berada di afrika timur dan gunung ini juga Bagian dari Taman Nasional Pegunungan Semien. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 4.620 m meter di atas permukaan laut.
5. Kirunga volcano – 4.517 m
Gunung ini sama seperti Gunung Stanley yang terletak di dua negara sekaligus yaitu negara kongo dan Uganda. Puncak tertingginya mencapai 4.517 m dari permukaan air laut.

6. Gunung Elgon – 4.321 m
Gunung Tertinggi Di Benua Afrika
Gunung Elgon via wikipedia.org
Gunung Elgon adalah sebuah Gunung yang terletak di dua negara sekaligus yaitu Kenya dan Uganda yang memiliki ketinggian mencapai 4321 m. Gunung Elgon memiliki kawah yang sangat besar dan kawah tersebut dikelilingi oleh beberapa puncak.
Selain itu, lereng gunung ini juga di kelilingi oleh hutan yang lebat yang tentunya membuat pemandangan tambah indah. Yang lebih keren lagi kalau mendaki gunung ini kamu akan menemukan beberapa gua kuno dan air terjun sebelum sampai puncaknya.
7. Gunung Atlas – 4.165 m
Gunung Tertinggi Di Benua Afrika
Gunung Atlas via wikipedia.org
Gunung ini merupakan barisan gunung di negara maroko yang memanjang sekitar 2.400 km. Puncak tertinggi Pegunungan Atlas adalah Gunung Toubkal dengan ketinggian 4.165 m.
Pegunungan ini memiliki beberapa rute pendakian, walaupun begitu rutenya cukup sulit terutama buat yang belum berpengalaman dalam mendaki gunung. Digunung ini juga dihuni oleh penduduk Berber yang merupakan suku asli di Pegunungan Atlas.
8. Gunung Kamerun – 4.075 m
Gunung Tertinggi Di Benua Afrika
Gunung Kamerun via wikipedia.org
Gunung Kamerun adalah sebuah Gunung api aktif yang terletak di negara Kamerun berdekatan dengan teluk Guinea dan memiliki ketinggian mencapai 4.075 m.
9. Pegunungan Draken – 3.650 mGunung Tertinggi Di Benua Afrika
Pegunungan Draken via wikimedia.org
Pegunungan Draken merupakan deretan gunung yang ada di negara Lesotho, salah satu negara di afrika selatan dan puncak tertinggi adalah Puncak Cathkin yang mencapai 3377 m dari permukaan air laut.
10. Gunung Tibesti 3.415 m
Gunung Tertinggi Di Benua Afrika
Gunung Tibesti via wikipedia.org
Gunung Tibesti merupakan sebuah pegunungan yang terletak di gurun Sahara di daerah Bourkou Ennedi Tibesti di Chad (negara di Afrika Tengah) di bagian utara.
Pegunungan ini merupakan pegunungan terbesar dan tertinggi di gurun Sahara. Puncak tertingginya adalah Emi Koussi dengan tinggi mencapai 3.415 m. Puncak lain diantaranya Kegueur Terbi (3.376 m) dan Tarso Taro (3.325 m).


http://wowasiknya.com/gunung-tertinggi-di-benua-afrika/

Comments

Popular posts from this blog

7 GUNUNG TERTINGGI DI EROPA

10 PALUNG LAUT TERDALAM DI DUNIA